BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 21 Oktober 2012

Harm Reduction-PPK UI

kiri-kanan
atas: gue, bang Jul, bang Ucok, pak Anto, bang Riki, bang Kojel, bang Hendra, bang Firman
bawah: pak Suko, pak Heru, mba Dewi, mba Maya, Teh elly, mba Uyung, Bang Azis

yakkk,,demikianlah formasi poto buka puasa bersamanya HR dari PPK-UI.




ini adalah pekerjaan baru gue sejak April 2012, yayaaaya..kalo di majalah gue mulai dari Januari maka di PPK mulai dari April. So, selama skripsi-an gue punya dua pekerjaan tapi bisa disalingsilang lah yaa,,hueheehee.

Gue kenal program Harm Reduction ini tentunya dari senior gue bang Azis, doi Kriminologi angkatan '88. Dimulai dengan ngaanter paket Sarse angkatan gue (2008) ngobrol-ngobrol tentang up date kampus, dikasi proyekan entry data. daaaaaaaannnnn teroreng roreeeeeng,,diminta gantiin Icha (antrop 2003) buat jadi admin dan finance di program HR PPK-UI.

Sedikit gue bercerita tentang program Harm Reduction ya. Seperti namanya, ya Harm Reduction adalah upaya mengurangi dampak buruk, dalah hal ini fokus utama kami adalah para penasun (Pengguna Napza Suntik), apa resiko buruknya? yaitu penularan HIV-AIDS, bagaimana cara mengurangi penyebarannya? dengan memberikan alat suntik steril supaya tidak sharing,,uyeeeaahh!!! ngebagi-bagiin jarum suntik...sangat tidak biasa bagi masyarakat Indonesia yah,,masih menjadi permasalahan karena seolah  menyuruh orang untuk 'menyuntik' tapi memang secara psikologis para penasun tidak bisa serta merta diHARUSKAN berhenti menyuntik dan para Penjangkau Lapangan(bang Kojel, bang Riki, bang Firman, bang Hendra, bang Amir) melakukannya,,luar biasa yaahh!!!melawan norma masyarakat dan menjelaskan dengan sabar kepada masyarakat setempat dan tentunya para penasun tiu sendiri. Hampit Tujuh bulan gue bergabung dengan tim ini, ngeras bosen?? pastiii, karena demikianlah gue, gampang ngeraasa bosen sama pekerjaan sendiri tapi gue banyak belajar dari tim ini.

Kemarin, 18-19 Oktober 2012 gue tegabung dalam tim dan ikut dalam pelatihan penjangkauan, selain para PO ada mba Uyung, bang Azis, dan para CF. Community Fasilitator (CF) adalah tangan perpanjangan PO di lapangan dalam membagikan jarum dan melakukan assesment penasun di lapangan (eniwey, jangkauan PPK UI adalah Penasun di wilayah Jakarta Selatan). Dari pelatihan ini gue dapet banyak hal, pelajaran tetang sulitnya penasun yang udah metadon (terapi subtitusi) saat melihat temannya menyuntik dan dia sangaat ingin untuk menyuntik kembali,,itu beraaaattt banget loh, guys!! dan JANGAN PERNAH COBA NARKOBA kata mereka, dan ternyata dari antara kami juga ada yang HIV positif dan gue baru tau itu. Dikucilkan, didiskriminasi, distigma di masyarakat udah kenyang dialamin, merasa rendah diri pastinya..khawatir ga akan punya pasangan hidup bagaimana masa depan...tapi toh tetap berdiri walopun banyak angin dan gelombang yang menghantam..disini gue ngelita kembali bagaimana kebesaran Sang Pencipta pada mahluk-mahluk ciptaanNya. tetap ada rencanaNya buat kita, gak gampang....beneerrrbener ga gampang untuk menjadi Penjangkau Lapangan dan gue sangat salut kepada senior-senior yang gue kenal disini. gue mengucap syukur juga Tuhan mengijinkan gue ketemu sama mahluk-mahluk luar biasa ini dan gue akan terus berdoa buat kalian..

God Lead :D


0 komentar: